Mengenal Salah Satu Pabrik Tua Peninggalan Belanda di Solo

By 2:09:00 AM

                Berbicara tentang pabrik tua apalagi peninggalan Belanda, apa yang terbesit dibenak kita?. Serem, mistis, kuno?, yap pasti itulah kata yang langsung keluar dari benak kita. Kali ini saya akan menceritakan pengalaman saya kemarin yang sempet lewat di area pabrik tua peninggalan belanda yang ada di solo. Tepatnya di desa Gembongan, Kartasura, Sukoharjo yang masih satu karesidenan Surakarta. Sore itu cuaca begitu cerah, kebetulan juga waktu loggar dan tidak ada kegiatan. Dari pada bosan dirumah saya langsung ambil sepeda motor buat keliling daerah sekitar, tak disangka saya melewati salah satu pabrik tua peninggalan Belanda. Dari rasa penasaran, saya langsung putuskan untuk sedikit melihat – lihat pabrik itu.



            Dari luar terlihat pabrik tua ini begitu kokoh berdiri, padahal pabrik ini sudah lama sekali. Dari luar saja terlihat seperti kastil yang ada di berbagai negara di dunia. Tinggi, besar, dan kokoh pastinya. Setelah saya berkeliling di area pabrik tua itu saya menemukan bangunan tua di sisi sebelah barat pabrik yang terdapat tulisan 1981. Wah, pabrik ini ternyata sudah tua sekali ya?. Tapi sangat menabjubkan jika bangunan yang telah berdiri sejak tahun 1981 itu masih kokoh berdiri sampai sekarang. Kira – kira sudah sudah hampir ratusan tahun berdiri walaupun dari keadaan bangunannya sudah tidak layak pakai lagi.


            Berlanjut ke sebelah timur dari sisis luar pabrik ini. Terdapat sebuah bangunan yang kaca jendelanya sudah pecah dan sudah tidakterawat lagi, berada tepat di pinggir jalan yang bertuliskan “KANTOR”. Mungkin bangunan ini dahulu dijadikan kantornya saat pabrik tua peninggalan Belanda ini masih beroprasi. Usut punya usut pabrik tua ini dahulunya ternyata adalah pabrik gula saat Belanda ada di Solo. Ini terlihat adanya cerobong besar yang menjulang tinggi di bangunan ini. Selain di sini Belanda juga membangun 2 pabrik gula yang berada di Colomadu dan di Tasikmadu karanganyar. Sekarang pabrik tua ini ternyata sudah menjadi hak milik salah satu perusahaan rokok di Indonesia dan sampai sekarang dijadikan gudang tembakau. Bagiyang suka fotografi, disini adalah spot paling baik untuk mengambil gambar dengan latar belakang pabrik tua ini.





            Berbicara soal mitos tentang pabrik tua yang berada di desa gembongan kartosura ini konon tardapat unsur mistis di dalamnya. Dari cerita warga sekitar yang sempat saya temui di sela – sela saat saya melihat - lihat tempat itu katanya sering ada penampakan makhluk astral yang berada di pabrik tua itu. Jika kita flash back tentang tayangan televisi “Masih Dunia lain” dulu pabrik ini menjadi salah satu tempat uji nyali yang berada di Solo. Berbagai keanehan dan gangguan makhluk astral banyak dialami para peserta uji nyali pada saat itu. Wah menyeramkan juga ya ... Terlepas dari berbagai mitos yang beredar, bangunan ini adalah salah satu peninggalan sejarah pada masa pemerintahan kolonial Belanda. Sangat sayang jika pabrik ini dibiarkan terbengkalai begitu saja. Jika pemerintah bisa bekerja sama dengan pihak pengelola, sangat mungkin pabrik tua ini akan menjadi salah satu destinasi wisata baru yang berada dikota Solo. Sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke kota Solo.

Baca juga

8 komentar

  1. Pg colomadu. Hemm Makin pengen kesini

    ReplyDelete
  2. Seperti pernah lwt..eh
    Jane suka ke tempat2 bersejarah atau tempat yang ada kisahnya..hnya saja kadang perlu guide yang bisa menjelaskan sejarahny.

    ReplyDelete
  3. Bangunan tua yang masih bagus tapi sayang kurang terawat ya meski dijadikan gudang mbako. Solo banyak bangunan tua ya.

    ReplyDelete
  4. #epoxysolo #epoxyjogja #epoxysemarang #epoxyjawatengah #epoxyindonesia
    Kepada Yth
    Pimpinan Perusahaan, Kontraktor, Arsitek, Agen, freeline

    Dengan Hormat
    Kami Jingga A.Raya Coating (aplikator epoxy) yg sudah berpengalaman lebih dari 8 tahun dengan senang hati memberikan informasi dan menawarkan pengerjaan EPOXY FLOORING - Lantai Modern, Eksklusif, dan Hygenis - untuk lantai pabrik atau gudang. Kami Jingga A.Raya Coating sudah banyak mengerjakan pabrik/perusahaan besar dan kecil. Beberapa diantarannya sbb:

    PROTECTIVE Coating
    1. Pabrik Farmasi - Sidoarjo
    2. Percetakan - Surabaya
    3. Pabrik Kopi Instan - Semarang
    4. Pabrik Plastik - Semarang
    5. Gudang Pakan Ternak - Semarang
    6. Pabrik Furniture - Semarang
    7. Pabrik Herbal - Salatiga
    8. Perakitan sepeda motor - Semarang
    9. Pabrik Pengalengan ikan - Banyuwangi
    10. Pabrik Tekstile - Semarang
    11. Pabrik mesin - Semarang
    12. Pabrik Minuman instan - Semarang
    13. Pabrik pengolahan ikan & Udang - Lampung
    14. Pabrik Farmasi – Semarang 1 & 2
    15. Pabrik Roti Sariroti - Semarang
    16. Pabrik Herbal – Lampung
    17. Gudang Farmasi Pemprov - Lampung
    18. Indonesia Power (PLN) – Semarang
    19. Indonesia Power (PLN) – Jakarta
    20. Pembangkit Jawa Bali (PJB) semua area
    21. Pengalengan makanan - Yogyakarta
    22. Garment Industry (Emba Jeans) - Malang Jawa Timur
    23. Herbal & Pharmacy industry - Semarang Jawa Tengah
    24. Dll
    Plus banyak project Decorative Coating (Hotel, Villa, Cafe, Resto, kantor, sekolah, Residence dll)

    Kami Jingga A. Raya Coating and Protection juga memiliki produk yg biasa kami pake dengan kualitas yg sudah cukup teruji dengan banyak keunggulan, yaitu J-Floor untuk flooring dan J-Coat. Selain itu kami juga siap menggunakan produk pilihan sesuai keinginan Anda.

    Dikerjakan oleh team yg berpengalaman dan Profesional

    Untuk informasi dan konsultasi gratis
    Hubungi Kami
    Hp 0821 3851 5538
    WA 0813 9307 1048

    Nb. Contoh pekerjaan bisa lihat di FB kami : Jingga A.Raya

    Terima kasih
    Salam

    ReplyDelete
  5. Katanya mau di buat restoran di kartasura

    ReplyDelete
  6. Katanya mau di buat restoran di kartasura

    ReplyDelete